5 Langkah Ini Jadikan Pandangan Jelas Saat Hujan

5 Langkah Ini Jadikan Pandangan Jelas Saat Hujan

erkendara pada musim hujan membutuhkan tingkat kewaspadaan yang eksta, akibat jalanan licin, turunnya kabut hingga jarak pandang yang terbatas. Selain itu minimnya visibilitas akibat kaca mobil yang tak terawat juga dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Apa yang membuat kaca mobil menjadi buram ketika terkena air hujan?

"Selama digunakan mobil pasti pernah melewati berbagai macam kondisi cuaca panas dan hujan serta terkena debu dan kotoran. Terkadang air dan kotoran yang menempel menjadi jamur atau waterspot yang melekat pada kaca dan tidak hilang sekalipun sudah di cuci dengan sabun," jelas Guntar Wicaksono, Head of Marketing PT Milenia Mega Mandiri selaku distributor resmi Meguiar’s di Indonesia.

 

Ternyata bukan hanya kotoran pada kaca yang dapat mengganggu pandangan ketika berkendara pada musim hujan. Menurut Guntar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kaca mobil siap menghadapi musim hujan:

1. Kembalikan Kaca Pada Kondisi Awal
“Pertama kita harus membersihkan waterspot, ada obat khusus untuk menghilangkannya, misalnya seperti menggunakan produk Meguiar’s Glass Polish yang mampu mengangkat kotoran-kotoran seperti jamur dan kerak pada kaca mobil yang membuat pandangan terganggu,” ujar Guntar. Kotoran-kotoran pada kaca inilah yang membuat kilau cahaya pada kaca menjadi distorsi sehingga pandangan pengemudi tidak jelas.

2. Proteksi Kaca Setelah Diberishkan
Setelah dibersihkan dan kembali kepada kondisi awal, perlu dilakukan proteksi untuk menjaga kaca tetap bebas dari kotoran yang menempel. "Proteksi atau pelapis kaca mampu melindungi kaca dari air dan kotoran agar tidak langsung menempel pada kaca. Proteksi ini mencegah air menjadi kerak yang melekat pada kaca," tutur Guntar.

 

3. Ganti Karet Wiper Dengan yang Baru
"Sebetulnya dua langkah itu (restorasi dan proteksi) saja sudah cukup untuk menjaga pandangan kaca depan yang bersih, tapi tentunya kondisi wiper juga berpengaruh untuk membersihkan air dari kaca mobil," tukas Guntar. Kondisi wiper yang tidak layak menurutnya tak akan mampu mengangkat air pada kaca secara optimal, bahkan dapat merusak permukaan kaca. "Perhatikan karet wiper, biasanya karena terlalu sering dijemur pada musim panas, karet wiper akan rusak dan menjadi tidak rata. Harus diganti dengan yang baru."

4. Segera Cuci Mobil Setelah Terkena Hujan
Masih kata Guntar, "Setelah terkena hujan sebaiknya mobil langsung dibersihkan, karena air dan kotoran yang menempel pada kaca dan bodi mobil akan menjadi jamur jika dibiarkan." Ia juga mewanti untuk membersihkan wiper dari kotoran-kotoran yang menempel, caranya mudah cukup dilap dengan kain seperti kanebo atau microfiber.

5. Isi Reservoir Wiper Dengan Cairan Khusus
Pastikan tabung air wiper terisi dengan cairan yang cukup, agar Anda tidak kehabisan ketika perlu membersihkan kaca dari kotoran. "Pastikan isinya cukup, dan jangan menggunakan air, tapi gunakan cairan khusus untuk reservoir wiper agar dapat membersihkan kaca secara efektif serta tidak meninggalkan kotoran pada kaca mobil." tutup Guntar.

Penulis: Avicena Pratikto

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com