5 Hal yang Perlu Dihindari Setelah Mencuci Mobil

5 Hal yang Perlu Dihindari Setelah Mencuci Mobil

Melihat mobil bersih tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan, terutama bagi sang pemilik. Karena mobil yang terbebas dari noda mampu memancarkan aura positif, sehingga dapat membuat pengemudi menjadi lebih nyaman ketika mengendarainya. Atau sekedar memandangnya di sore hari yang cerah.

Okay, salah satu cara menjaga kondisi mobil tetap bersih tentunya dengan cara mencucinya secara rutin. Hal ini bisa dilakukan sendiri atau membawanya ke tempat cuci mobil terpercaya.

Namun tahukah Anda, setelah mencuci mobil, ada beberapa kebiasaan pemilik mobil maupun operator cuci yang membuat mobil justru kembali menjadi kotor. Atau bahkan menjadikan cat bodi rusak.

Fikri Fitramadhan selaku pemilik bengkel Flux Autospa & Detailing akan berbagi tips dengan pembaca setia OtoDriver agar mobil Anda tetap resik setelah dicuci. Simak tips berikut ini.

1. Jangan langsung membuka kaca selepas mencuci mobil

Kondisi Ketika Kaca Dibuka Selepas Mencuci Mobil

 

“Ketika mencuci mobil, air pastinya mengalir ke sela-sela karet jendela pintu yang tidak 100 persen rapat. Air yang terdapat di sela-sela tersebut akan kering dengan sendirinya dalam waktu 3 sampai 4 jam. Jika kaca mobil langsung dibuka setelah mencuci, otomatis air akan membasahi kaca dan menimbulkan Water Spot,” pungkas Fikri.

 

 2Pastikan kondisi mobil benar-benar kering

“Tidak hanya di sela-sela karet jendela pintu, air juga bisa tertampung di beberapa bagian di antaranya spion mobil. Pastikan bagian ini benar-benar kering. Jika tidak kering, air itu akan menetes ketika mobil itu bergerak dan menimbulkan Water Spot kembali,” ujar pemilik workshop detailing mobil tersebut.

 

 3. Jangan menyentuh mobil setelah dicuci

Terdengar agak posesif memang. Tapi Fikri menjelaskan bahwa sebaiknya bodi tidak disentuh ketika kondisi sudah bersih agar tidak meninggalkan jejak tangan yang membuat permukaan bodi terlihat kotor kembali.

 

 4. Hindari penggunaan semir ban yang berlebihan

 

“Jika pemakaian yang berlebihan, otomatis saat mobil dijalankan dan roda berputar, semirnya bisa menciprati bagian bodi sehingga terlihat kotor kembali,” papar pria kelahiran 1993 ini.

 

5. Parkir di tempat teduh

Karena masih banyak titik maupun celah di eksterior yang tak langsung kering, maka sebaiknya jangan biarkan panas matahari membuatnya kering. Hal ini bisa berakibat timbulnya Water Spot juga. 

 

Narasumber:

Fikri Fitramadhan

Flux Autospa & Detailing

JL. Maleo Raya JC1 No.16 Bintaro Tangerang Selatan, JL Ciater Raya No. 48 BSD Serpong, Tangerang Selatan

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com