5 Berita Hoax yang Sempat Bikin Geger Ranah Roda 4

5 Berita Hoax yang Sempat Bikin Geger Ranah Roda 4

Berita hoax atau kabar bohong belakangan ini marak menyebar luas di Indonesia. Berita Hoax sendiri adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Umumnya berita semacam ini tersebar luas lewat media sosial dengan berbagai tujuan, mulai dari kejahatan, kampanye hitam, sampai sekedar keisengan menjadi motivasi penyebar hoax.

Tak hanya berita tentang politik maupun isu sosial, dunia otomotif, khususnya roda empat, pun juga tidak luput dari beredarnya kabar bohong tersebut. Hoax seputar mobil pun sempat menjadi viral padahal kebenarannya tidak bisa dibuktikan.

Berikut adalah lima berita dan kabar hoax dalam dunia otomotif yang sempat beredar beberapa waktu belakangan ini.

 

1. Mitsubishi Xpander jadi taksi

 

Beberapa saat setelah peluncurannya di tahun 2017, beredar sebuah gambar ilustrasi Mitsubishi Xpander dengan livery armada taksi. Mengingat Honda Mobilio dan Toyota Avanza sudah menjadi armada taksi terlebih dahulu, maka banyak publik yang percaya dengan kabar tersebut dan akhirnya viral. Akan tetapi, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia membantah bahwa produk LMPV andalannya telah dijadikan armada taksi. Atau setidaknya belum ada operator taksi yang pakai Xpander.

 

2. Kaca film dapat ganggu sinyal telepon genggam

 

Sempat ada kabar bahwa kaca film dapat mengganggu sinyal telepon genggam penumpang yang berada di dalam kabin. Namun kabar tersebut dibantah oleh pihak V-Kool Indonesia yang menyebutkan pelanggannya tidak pernah mengalami masalah sinyal telepon genggam yang disebabkan oleh piranti kaca film.

 

3. AC mobil mengandung zat berbahaya

 

Tepatnya tahun 2016 silam, tersebar pesan berantai mengenai zat berbahaya yang bisa dikandung oleh AC karena mobil terjemur di parkiran. Materi berbahaya tersebut dihasilkan oleh dasbor, jok dan pengharum kabin mobil saat suhu meningkat. Ternyata informasi ini rupanya salah. Pihak PT Toyota Astra Motor mengklarifikasi bahwa saat mobil terjemur, tak ada zat berbahaya oleh sistem pendingin mobil dan para produsen mobil telah mempertimbangkan dengan baik pada saat mendesain interior mobil itu sendiri.

 

4.  Ferrari buka pabrik di Sidoarjo

 

Masih di tahun yang sama, beredar kabar bahwa pabrikan supercar asal Italia, Ferrari, bakal membuka pabrik produksi di Sidoarjo, Jawa Timur seluas 2.000 hektar. Lantas, berita ini langsung ditepis oleh pihak distributor tunggal Ferrari Indonesia.

 

5. Mobil Esemka jadi korban letusan gunung Sinabung

 

Berlanjut ke 2018, kabar hoax kembali terkuak setelah sebuah foto bangkai mobil korban erupsi gunung Sinabung, Sumatera Utara, diunggah ke media sosial dengan bunyi “mobil Esemka yang dijadikan Pak Kowi. Nyatanya, mobil Esemka belum dipasarkan kepada publik hingga saat ini.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com