4 Langkah Mudah Hemat BBM

4 Langkah Mudah Hemat BBM

Harga bahan bakar tak menentu pastinya membuat kita semua berhitung. Penghematan tak terelakkan. Berikut 4 cara mudah mereduksi penggunaan BBM di mobil.

 

1. TEKANAN ANGIN BAN

Sebelum melakukan perjalanan pastikan Anda dalam keadaan sehat dan sadar. Mobil pun harus dalam kondisi sehat dan terawat. Kemudian pastikan selalu cek tekanan angin ban.  “Kehilangan tekanan angin ban sebesar 10% saja berpengaruh banyak terhadap konsumsi bahan bakar,” ujar Jusri Pulubuhu dari Jakarta Deffensive Driving Consulting.

2. JAGA MOMENTUM

Menurut Jusri, pergerakan mobil yang ideal adalah menggunakan momentum gerak yang dihasilkan tenaga mesin sejak awal. Artinya, setelah mobil bergerak dan berjalan konstan, tenaga mesin sebenarnya tidak terlalu banyak memberikan effort terhadap pergerakan mobil. Hal ini berhubungan langsung dengan pemakaian bahan bakar yang effisien. Artinya hindari mobil melambat secara tiba-tiba.

3. KURANGI BOBOT

Jangan lupa melakukan manajemen barang bawaan. Membawa barang berlebih pada kabin dan bagasi untuk mobil harian artinya beban bisa terlalu berlebih. Hal ini membuat mesin perlu bekerja ekstra untuk mendapatkan momentum pergerakan mobil tersebut. Jadi, tinggal saja barang yang lumayan berat, cukup masukkan yang diperlukan.

4. MENGEMUDI SANTAI

Terakhir, mengemudilah bijak dan santai. Tidak perlu agresif apalagi ugal-ugalan. Karena setiap Anda mengerem lalu menekan pedal gas lagi untuk berakselerasi, terbuanglah bensin percuma. Tapi santai ini bukan berarti pelan. Karena biasanya efisiensi maksimal mobil terjadi antara 60-80 km/jam. Di bawah itu justru bisa lebih boros.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com